Pengertian dan Tujuan IMK

By On Saturday, December 12th, 2015 Categories : Sains
Advertisement

Pengertian Interaksi Manusia Komputer Terlengkap – Interaksi manusia dan komputer ialah disiplin ilmu yang mempelajari suatu hubungan antara manusia serta komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, serta implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.

Sedangkan interaksi manusia dan komputer itu sendiri ialah serangkaian proses, dialog serta kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk dapat melaksanakan serta menyelesaikan tugas yang diinginkan.

Interaksi manusia serta komputer ialah suatu ilmu yang sangat berkaitan dengan disain implementasi serta evaluasi dari sistem komputasi iyang interaktif untuk dapat digunakan oleh manusia serta studi tentang ruang lingkupnya, ada interaksi antara satu ataupun lebih manusia serta satu atau lebih komputasi mesin.

Agar komputer dapat diterima secara luas serta digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.
Hal tersebut tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, tetapi komputer perlu dirancang agar memenuhi serta mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik.

Tahun 1970 mulailah dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah sebagai Man-Machine Interface (MMI), serta mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.
Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor untuk penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya.

Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pada pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI juga mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya pada perancangan antarmuka secara fisik.

HCI didefinisikan ialah sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, serta implementasi sistem komputer interaktif untuk dapat digunakan oleh manusia serta studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly). Tidak hanya pada perancangan layout layar monitor.

Sudut Pandang Pengguna

  • Dari sudut pandang pengguna ialah keseluruhan sistem sehingga dapat Useful, Usable, Used
  • Useful ialaha fungsional, dapat mengerjakan sesuatu.
  • Usable ialah Dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah, dan mengerjakan sesuatu yang benar (does the right things).
  • Used ialah Terlihat baik, tersedia dan diterima atau digunakan oleh organisasi.
  • Tujuan Interaksi Manusia Komputer

    Membuat sistem yang lebih dapat:
    1.Berguna (usable).
    2.Fungsional.
    3.Aman.
    4.Produktif.
    5.Efektif.
    6.Efisien.
    Meningkatkan interaksi antara manusia dengan sistem komputer:
    Sistem yang bermanfaat (usable) serta aman (safe), ialah sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa juga untuk mengembangkan serta meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) serta efisiensinya (eficiency).

    Para perancang antarmuka manusia serta komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab serta ramah dengan penggunanya (user friendly).

    Pemahanan Dalam Membuat Antarmuka yang User Friendly

    Membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain ialah :

    1. Teknik elektronika dan ilmu komputer
    memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang suatu sistem HCI

    2. Psikologi
    memahami sifat dan kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, keterampilan motorik pengguna

    3. Perancangan grafis dan tipografi
    sebuah gambar juga dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia dan komputer

    4. Ergonomik
    berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misalnya ialah bentuk meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu.

    5. Antropologi
    ilmu pengetahuan tentang manusia, yang memberi suatu pandangan tentang bagaimana cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi yang sesuai dengan bidangnya

    6. Linguistik
    ialah cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, contohnya ialah bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah dan lain-lain.

    7. Sosiologi
    ilmu yang mempelajari tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK dikarenakan adanya otomasi kantor.

    Sumber

Advertisement (Dibawah ini adalah Iklan)
loading...

The Appeal.kindle

Darshan.books

Fear and Loathing in America The Brutal Odyssey of an Outlaw Journalist.ePub

Reached Matched.kindle

Feed Newsflesh Trilogy.pdf

The Fan Man.docx

The Truth About Forever.docx

The Old Patagonian Express By Train Through the Americas.amz

Discourse on Method and Meditations on First Philosophy.pdf

Next.ePub

Murder in the Cathedral.rtf

I ll Give You the Sun.lit

When Christ and His Saints Slept Henry II amp Eleanor of Aquitaine.rtf

The Paul Street Boys.kindle

The No Ladies Detective Agency No Ladies Detective Agency.audio

A Death in the Family.pdf

Creatura Creatura.books

His Black Wings.lit

The Wide Game Harmony Indiana.amz

Unexpected Metamorphosis Alissia Roswell Book One.books

BTPN Movies · Top eBooks · IBDB

Blood and Bone

My Name Is Khan

Gallipoli

Lolita

Robin Hood Prince of Thieves

Get Out Your Handkerchiefs

Love You Like Christmas

The Wild

Flyboys

Good Morning Vietnam